Panduan komputer blog n Style

04 Juli 2008

Selamat Tinggal Bill Gates


Bill Gates akhirnya berencana pensiun dari Microsoft dan akan fokus ke Bill & Mellinda Gates Foundation, yayasan amal terbesar di dunia yang dia bangun bersama istrinya di tahun 1994. Pasangan yang diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 58 miliar-mayoritas adalah saham di Microsoft-, akan menyumbangkan sebagian besar kekayaan tersebut bagi yayasan amal mereka.


Sekilas Profil Gates

Gates mengawali perjalanannya di Microsoft sebagai seorang pembuat aplikasi. Konon ia dan Paul Allen sampai kurang tidur dan kurang gizi saat menyelesaikan bahasa BASIC.

Perubahan pertama, jika mau disebut demikian, terjadi ketika Gates bersama Microsoft berhasil meyakinkan IBM untuk melisensikan sistem operasi MS-DOS pada setiap PC yang diluncurkan IBM. Bukan hanya itu, Gates 'baru' ini berhasil mendapatkan kontrak non-ekslusif untuk sebuah produk yang ketika itu bahkan belum dimiliki oleh Microsoft.

Pada masa awal di Microsoft, Gates dikenal sebagai orang yang temperamental. Para karyawannya adalah pengikut setia yang 'tunduk' pada semua perkataan Gates.

Namun perlahan-lahan hal itu berubah, Gates mampu menempatkan dirinya sebagai pimpinan perusahaan besar. Ia santun dalam acara sosial perusahaan dan mulai merapihkan tampilannya, termasuk memasukkan kemeja dan menyisir rambut.

Meski demikian, Gates tetap dikenal berwatak keras. Dalam kasus monopoli Microsoft melawan pemerintah Amerika di tahun 1990-an Gates mengajukan kesaksian yang dikenal sebagai kesaksian 'Rainman' (merujuk pada film Rainman yang diperankan Tom Cruise dan Dustin Hoffman). Dalam kesaksiannya Gates tampil bak seorang anak kecil yang temperamental dan keras kepala.

Wajah terakhir Gates adalah yang kini lekat dengan dirinya, seorang filantropis global. Ia diakui sebagai seorang dermawan yang membawa kedermawanannya melebihi lingkup lokal. Aksi kedermawanan Gates lewat 'Bill and Melinda Gates Foundation' mengguncang dunia filantropis.

Wajar saja, pria yang pernah dinobatkan sebagai pria terkaya di dunia itu melakukan aksi kedermawanan melintasi batas negara. Hal yang biasanya tidak dilakukan oleh filnatropis lainnya yang cenderung menyalurkan bantuan pada skala lokal.

(sumber: igaul & detik)

2 yang Komen:

Anonim mengatakan...

ya, semoga saja pakdhe Bill emang serius dengan apa yang akan direncanakannya, dan kalo bisa nyampe Indonesia ya...

Anonim mengatakan...

amiinn....

Posting Komentar